Berwisata Ski Di Pegunungan Alpen

Berwisata Ski Di Pegunungan Alpen – Jika kita mendengar nama Pegunungan Alpen, secara umum kita akan teringat dengan negara Swiss, karena selama ini Pegunungan Alpen sangat identik dengan Swiss. Padahal jika tidak demikian, karena Pegunungan Alpen dimiliki oleh delapan negara Eropa.

Sumber : blog.passpod.com

montsaintsauveur – Amerika Selatan terkenal dengan 7.000 kilometer Andes, sedangkan Pegunungan Alpen Eropa membentang sepanjang 1.200 kilometer. Meski panjangnya pendek, namun pesonanya luar biasa memanjakan mata dan jiwa.

Dilansir dari cnnindonesia, Ada 8 negara / wilayah yang melewati Pegunungan Alpen. Mulailah dengan Prancis, Monako, Italia, Swiss, Liechtenstein, Jerman, Austria, dan Slovenia. Di antara negara-negara ini, Pegunungan Alpen menyumbang 28,7%, Italia 27,2%, Prancis 21,4%, dan Swiss 13,2%.

Artinya luas Pegunungan Alpen yang dimiliki negara Swiss sebenarnya lebih kecil dari Austria atau Italia. Puncak tertinggi adalah Mont Blanc. Dalam bahasa Prancis, Mont Blanc berarti gunung yang putih karena puncak gunungnya tertutup lapisan salju.

Ini adalah titik tertinggi di Pegunungan Alpen dan tempat tertinggi di Eropa, di ketinggian 4.809 meter. Di Perancis. Ketika lempeng tektonik Afrika dan Eurasia bertabrakan, pegunungan Alpen terbentuk selama puluhan juta tahun. Akibatnya batuan sedimen laut naik dan menjadi pegunungan.

Pegunungan Alpen Prancis adalah bagian dari Pegunungan Alpen Prancis dan terletak di wilayah Rhône-Alpes dan Provence-Alpes-Côte d’Azur. Meskipun beberapa rantai di Pegunungan Alpen Prancis seluruhnya berada di Prancis, rantai lain seperti Mont Blanc berbagi Swiss dan / atau Italia.

Mont Blanc (Italia: Monte Bianco) memiliki tinggi 4.808 meter (15.774 kaki) dan terletak di perbatasan Perancis-Italia, merupakan gunung tertinggi di Pegunungan Alpen dan gunung tertinggi di Eropa Barat.

Kota-kota terkenal di Pegunungan Alpen Prancis termasuk Grenoble, Chamonix, Annecy, Chambery, Evian-les-Bains, dan Albertville. Ski alpen adalah olahraga ski menuruni bukit yang dilengkapi dengan alat pengencang ski, yang dapat memasang sepatu bot di bagian tumit dan bagian depan sepatu.

Perbedaan antara ski alpen dan ski Nordik (ski lintas alam, lompat ski, dan ski jarak jauh) adalah ia menggunakan alat pengikat ski untuk memasang sepatu hanya di bagian tumit.

Olahraga ini dilakukan oleh orang-orang di resor ski di pegunungan bersalju atau pegunungan tinggi. Sediakan ski lift sebagai alat transportasi mendaki gunung.

Salju di perbukitan diletakkan, pohon ditebang, longsoran salju dikendalikan, dan jalur ski di pegunungan digunakan. Selain itu, penggemar ski alpen juga dapat melakukan olahraga yang belum diselenggarakan oleh manusia di alam liar ini, yaitu wisata ski, ski pedalaman, atau ski ekstrem.

Ski alpine adalah perkembangan ski Nordik di akhir abad ke-19. Turis Inggris mempromosikannya di Pegunungan Alpen, pusat turis Swiss, dan Eropa (Engelberg, Davos dan St. Moritz), sehingga disebut ski alpine.

Kini, ski alpen dilakukan di lereng yang cukup banyak bersalju, dan infrastruktur dapat dibangun untuk wisatawan. Sekarang olahraga ini sangat populer di Eropa, Amerika Utara, Australia, Selandia Baru, Amerika Selatan (Andes) dan Asia Timur.

Baca juga : Sejarah Resort Ski Telluride, Colorado

Meluncur di Pegunungan Alpen Menggunakan Ski

Sumber : travel.detik.com

Club Valmorel yang akan saya kunjungi terletak di dekat perbatasan antara Swiss dan Prancis, hanya 2 jam perjalanan darat dari Jenewa. Jika saya turun di Paris, saya butuh waktu delapan jam untuk mencapai Valmore. Dengan kata lain, saya bisa menghemat hingga enam jam.

Selain itu, saat Anda tiba di perbatasan Prancis, Anda tidak perlu khawatir jika diperiksa oleh petugas imigrasi. Hal ini dikarenakan Swiss dan Prancis termasuk dalam kawasan Schengen yang artinya kedua negara tersebut memiliki kebijakan perbatasan terbuka, sehingga tidak perlu khawatir dicek lagi saat memasuki Prancis.

Padahal, saat saya mendarat di Jenewa, sama sekali tidak ada pemeriksaan imigrasi. Pasalnya, saat saya mendarat di Roma, ibu kota Italia, yang juga termasuk wilayah Schengen, dilakukan pemeriksaan keimigrasian. Saya tidak pernah mengira imigrasi akan semudah ini. Saya sering mendengar orang mengeluh tentang betapa sulitnya memasuki tanah Eropa.

Setelah tiba di daerah Jenewa, Club Med Valmorel menjemput di bandara. Sepanjang perjalanan, saya diberikan dengan keindahan alam yang luar biasa. Dari salju di puncak Alpen hingga Danau Annecy yang terkenal di barat daya Prancis. Saya begitu asyik dengan pemandangan di sepanjang jalan sehingga saya hampir tidak menyadari bahwa saya telah datang ke Valmorel Club Med.

Setelah masuk hotel, saya langsung masuk ke kamar saya dan langsung mendaftar kursus ski yang ditawarkan oleh Club Med Valmorel. Bisa dibilang resor ini terbuka untuk siapa saja yang memang ingin main ski. Faktanya, tidak ada orang berpengalaman seperti saya yang dapat mendaftar untuk kelas pengantar secara gratis.

Setelah registrasi, kita diberitahu bahwa kelas pertama akan diadakan pada pukul 10.00 pada keesokan harinya. Artinya Kita masih ada waktu istirahat yang lama sebelum belajar meluncur di atas es. Selain itu, saya menderita jet lag yang parah. Alhasil, saya hanya tidur selama 11 jam.

Pada pukul 08.30 saya mempersiapkan segala hal untuk bermain ski. Saya teringat pepatah yang muncul dalam tes bahasa Indonesia di Indonesia, bahwa belum tentu ada umpan. Artinya tanpa persiapan yang matang, semua kegiatan menjadi sia-sia. Hal yang sama berlaku untuk ski, semuanya harus dipersiapkan dengan cermat sebelum meluncur di atas es.

Karena alasan ini, saya bergegas ke dasar Klub Valmorel untuk mencoba peralatan ski yang saya coba setelah sarapan. Untungnya, resor ini memiliki semua perlengkapan ski yang Anda butuhkan, mulai dari papan ski hingga papan seluncur salju, papan seluncur salju, tiang ski hingga helm.

Jika Anda tidak dapat menemukan peralatan ski yang sesuai di masa mendatang, jangan khawatir karena staf di Club Med Valmorel sangat membantu. Tentunya karyawannya juga ahli di bidangnya, jadi saya mendapatkan semua peralatan dengan ukuran yang tepat dalam sekejap.

Kemudian, saya dibawa ke ruang ganti khusus, mengenakan perlengkapan dan menyimpan semua barang saya sebelum bermain ski. Ingatlah bahwa bermain ski membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga barang-barang yang mengganggu pergerakan dapat disimpan dengan lebih baik di loker yang tertutup.

Teknologi loker sedikit mengejutkan saya, karena hanya bisa dibuka dan dikunci dengan kartu kamar hotel. Segera setelah itu, saya pindah ke tanah luas di depan ruang ganti.

Beberapa instruktur ski berbaris rapi sambil mengibarkan bendera tinggi yang melambangkan keterampilan masing-masing peserta. Dari kelopak mata saya, saya bisa melihat tanda yang menginstruksikan para pemula untuk pergi ke kelas, dan saya mendekati guru itu.

Kali ini, pelatih saya bernama Yannick. Seorang pria Prancis berusia 42 tahun terobsesi dengan keinginan menjadi James Bond. Dia sangat hangat dan lucu. Menebak karakter Yannick, saya membayangkan pelajaran ski ini akan sangat menarik.

Kemudian, Yannick mengajak saya dan beberapa pemula lainnya ke sebuah tempat bernama “Taman Pemula”, atau espace pemula dalam bahasa Prancis, di mana semua yang tidak memiliki pengalaman bermain ski harus menginjakkan kaki di sini terlebih dahulu. Namun, kami harus naik bus sekitar 5 menit untuk sampai ke sana. Untungnya, Club Med Valmorel memiliki bus antar-jemput gratis ke arah ini.

Pada pukul 10.30 pagi, saya berkesempatan mengobrol dengan Yannick di bus tentang pengalamannya mengajar ski. Ia mengaku sudah bermain ski sejak berusia dua tahun dan suka bermain ski di beberapa lereng yang terjal.

Bahkan, dia pernah bercerita tentang pengalamannya meluncur turun dari ketinggian, dan dia perlu naik helikopter untuk sampai ke sana. Dia bercanda: “Saya melompat keluar dari helikopter seperti James Bond”.

Obsesi Yannick untuk menjadi karakter Ian Fleming tampaknya telah mencapai tingkat yang tajam. Itu saja, dia mengaku tidak dikelilingi wanita cantik seperti James Bond yang sebenarnya.

Sumber : highend-magazine.okezone.com

Lelucon itu harus dihentikan karena bus telah tiba di lapangan rookie Espace. Bahkan, saya sedikit kecewa melihat kontur situs yang cukup datar. Karena saya benar-benar tidak sabar untuk meluncur menuruni lereng.

Namun, Yannick mengatakan bahwa yang terbaik adalah mempelajari teknik dasar terlebih dahulu. Dia berkata bahwa setiap orang harus mulai dari awal sebelum mereka dapat peringkat pertama.

Dia mengajarinya cara memakai sepatu dan cara berjalan dengan peralatan ski. Kemudian Yannick juga memberikan contoh cara berselancar dengan sepatu ski yang terkesan sederhana. Sayangnya, saya salah.

Ski lebih dari sekadar menyemir sepatu di atas es. Ternyata dibutuhkan keseimbangan yang besar agar Anda tidak mudah terjatuh. Bayangkan jika saya diminta untuk segera menuruni bukit, saya bisa saja terjatuh dan berguling ke desa terdekat.

Tidak hanya meluncur, Yannick juga mengajari saya cara mengontrol kecepatan dan menghentikan kecepatan sepatu. Ingatlah bahwa permukaan es memang licin, sehingga butuh tenaga ekstra untuk menginjak kaki sendiri. Pelajaran pertama pelajaran ski berakhir pada pukul 12:00. Setelah itu, saya masih harus menghadiri pelajaran kedua yang dijadwalkan pukul 14.00.

Setelah makan siang, pada pukul 14.00, saya mengikuti pelajaran ski kedua. Namun, kali ini saya tidak kembali ke orang yang melakukan debutnya di espace, tetapi kembali ke lereng kecil di sebelahnya. Di sana, Yannick mengajari kami cara meluncur menuruni lereng dengan aman tanpa terpeleset.

Jangan khawatir tentang kegagalan, karena Yannick sendiri mengawasi kita semua. Saya secara pribadi bangga pada diri saya sendiri untuk tidak jatuh dan saya dipuji karena memiliki keseimbangan tubuh yang baik.

Di tengah pertemuan, saya menghabiskan waktu mengobrol dengan para pemula lain dari beberapa negara. Saya bertemu Sean dari Israel. Ini adalah pria muda berkacamata yang sudah 7 tahun tidak bermain ski. Dia bertemu Suzanna, wanita kelahiran Roma yang pernah tinggal di London. 12 tahun.

Kami bertukar pengalaman dan saling memotivasi. Menurut saya ini adalah jalur penting untuk bermain ski, yang dapat memberikan energi positif bagi diri Anda sendiri.

Baca juga : Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi Di India

Selain mengatasi ketakutan batin saya, saya juga dikelilingi oleh orang-orang yang mendorong saya untuk menjadi lebih baik. Memang, pelajaran ski ini terasa sangat hangat di tengah suhu Valmorel yang saat itu sudah mencapai 2 derajat Celcius.

Pada pukul 17.00, saya pikir bermain ski tidak akan benar-benar merusak tubuh saya. Sore itu, setelah saya melepas sepatu, kaki saya terasa sangat sakit, jika sepatu itu berat. Sepertinya aku benar-benar butuh istirahat.

Sumber : harpersbazaar.co.id

Yannick mengatakan cara yang baik untuk menghilangkan kepenatan setelah bermain ski adalah dengan melakukan pemanasan. Karenanya, kali ini saya memutuskan untuk singgah di sebuah desa tidak jauh dari Club Med Valmorel untuk mencicipi cokelat panas.

Saya tidak tahu nama sebenarnya dari desa ini, tetapi orang-orang di sana lebih suka menggunakan nama komune mereka, Les-Avanchers Valmorel. Untuk menuju kesana, saya kembali ke hotel, dan shuttle bus gratis hingga pukul 00.30.

Dalam waktu kurang dari 15 menit, saya sampai di desa dan langsung berjalan ke sebuah kafe bernama Jimbo Lolo, jadi saya minum coklat hangat dengan tidak sabar. Jelas, mereka juga menawarkan cokelat panas yang dicampur rum, jadi saya memilih cangkir itu.

Kini, cokelat panas rasa rum dengan harga 6 euro sudah tersedia. Minuman ini disajikan dengan Speculas, biskuit rasa jahe dan karamel, dan rasanya nikmat saat dicelupkan ke dalam coklat panas. Saat saya melihat garis-garis diagonal pegunungan Alpen dari sisi jendela meja, suasananya lebih sempurna.

Saya kurang puas hanya dengan minum coklat, saya tinggalkan Jimbo Lolo dan mengunjungi desa, baru cuci mata. Namun, mencuci mata tidak memenuhi kebutuhan konsumsi saya, apa yang harus saya lakukan? Akhirnya saya mampir sebentar di toko yang menjual oleh-oleh Valmorel. Ngomong-ngomong, kali ini saya membeli sebotol parfum lokal dengan wangi cerah.

Waktu sepertinya belum menunjukkan pukul 19.30. Matahari sudah mulai terbenam, kini saatnya kembali ke Club Med Valmorel untuk mengisi kembali staminamu. Yang mengejutkan saya adalah saya tidak tertarik bermain ski sebelumnya, dan saya menanti-nantikan kompetisi baru besok.