Mont Saint-Sauveur Surganya Para Pecinta Ski

Mont Saint-Sauveur Surganya Para Pecinta Ski, Menjadi orang Amerika, saya hanya tahu tentang Mont Tremblant, jadi ke sanalah saya pergi bermain ski Kanada. Resor ini, dengan desa bergaya Pegunungan Alpen Swiss, ski lereng kelas dunia, hotel kelas satu, dan daya tarik glamor, pasti mendapatkan pujian.

Namun saat berkendara di sepanjang Autoroute 15N dalam perjalanan ke Mont Tremblant tiga tahun lalu, saya melihat rambu-rambu jalan menuju Mont Saint-Sauveur, resor ski Laurentian yang lebih kecil, hanya 45 menit di utara Montreal.

Februari berikutnya, saya memilih jalan (atau landasan) yang jarang dilalui, dan saya belum pernah melihat ke belakang sejak itu.

Baca Juga : Akhir Pekan Di Mont Saint Sauveur, Quebec

Saint-Sauveur, berpenduduk 10.000, adalah kota alpine yang otentik dan menawan dengan gunung ski yang kokoh, terletak di wilayah Les Pays-d’en-Haut, secara harfiah “negara tinggi.” Ini adalah salah satu dari serangkaian desa Laurentian, banyak di antaranya memiliki bukit ski — meskipun menurut saya itu yang terbaik. Mont Saint-Sauveur berhak untuk menyombongkan diri untuk musim ski terpanjang yang diketahui manusia (dari Oktober hingga awal Juni), pembuatan salju yang luar biasa, dan ski malam kelas dunia. Ini adalah tempat akhir pekan favorit bagi penduduk Montreal — mungkin terlepas dari kenyataan, mungkin karena letaknya yang terpencil.

Saya suka kota resor karena sikapnya yang asin — kota ini tidak bergantung pada debu ajaib Disney untuk daya tariknya. Lift ski tidak pernah ramai, mungkin karena liburan sekolah bulan Februari kami tidak bertepatan dengan liburan musim dingin di Quebec.

Februari lalu, saya memesan menginap empat malam dengan suami saya Ricky dan putri kami Julia di Estérel Resort , tempat persembunyian terpencil di Ville d’Estérel, 25 mil timur laut Saint-Sauveur. Meskipun Saint-Sauveur memiliki banyak pilihan hotel, saya memilih Estérel karena suite yang dirancang dengan indah dan harganya yang terjangkau. Suite tepi danau kami (dengan pemandangan skater es yang meluncur, yang tampak seperti sosok di bola salju), dengan dapur kecil dan perapian gas, kamar mandi dalam dengan pintu masuk aula terpisah dan Wi-Fi gratis, seharga $189 menjadi $270 per malam, tergantung pada hari dalam seminggu. Hotel ini memiliki spa dan tiga restoran.

“Ini empat derajat,” kata suami saya, duduk di celana boxernya pagi pertama kami.

“Celsius?” tanyaku penuh harap.

Dia tertawa.

“Fahrenheit,” katanya.

Baik. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pergi ke Kanada jika saya tidak tahan dingin—tetapi keluarga saya menyukai Quebec. Kami berlatih bahasa Prancis, kami makan dengan baik dan kami menikmati keramahan yang dapat diandalkan yang kami terima berkali-kali. Dan, jika Anda harus bertanya, pemanasan global tampaknya memanaskan Quebec pada kunjungan sebelumnya baru-baru ini, jadi suhu tundra Siberia mengejutkan. C’est la vie!

Kami berbaris, dan berkendara ke Mont Saint-Sauveur, di mana tiket lift berharga $45 untuk blok empat jam, dan $53 untuk sehari penuh. Saya membeli penghangat tangan untuk sarung tangan saya. Tanpa antrean, kami langsung melewati gerbang RFID — yang terbuka secara otomatis dengan membaca kartu ski (tiket lift) yang diselipkan di saku jaket Anda. Udara bersih terasa tajam tetapi begitu kami turun di puncak gunung, pengejaran untuk mengikuti putri kami dimulai, dan kami melakukan pemanasan dengan cepat. Mont Saint-Sauveur adalah gunung dengan peluang yang sama: Setengah dari 38 lari mudah atau menengah; sisanya sulit atau sangat sulit. Dengan ketinggian 700 kaki, jalurnya pendek dan cepat. Gunung seluas 142 hektar ini juga memiliki taman medan.

Langit berwarna biru telur robin. Gunung itu, bukan hanya jalurnya, diselimuti salju. Kami melakukan blue run. Menjelang siang, kami telah menyelesaikan semuanya.

Puas, kami berhenti, dan berkendara lima menit ke desa Saint Sauveur untuk makan siang di Creperie et Raclette l’Armorique di Rue Principale, rumah panekuk tradisional dengan penerangan gelap.

Setelah itu, kami berkelana di sepanjang Rue Principale, arteri utama Saint-Sauveur. Naik turun jalan berbukit, kami melihat-lihat galeri seni, toko perabotan rumah, dan butik pakaian, bagian depannya sebagian tertutup oleh tumpukan salju. Les Factoreries, mal outlet dengan lebih dari 40 toko termasuk Entrepot Nike, Guess Factory, Tommy Hilfiger, dan Point Zero Enfants, berada sangat dekat dengan Avenue Guindon. Halaman Boulangerie di Av. De l’Eglise adalah pilihan yang bagus untuk roti atau brioche. Brulerie des Monts, juga di Rue Principale, cocok untuk kopi dan hidangan penutup.

Penggemar ski mungkin menikmati kunjungan ke Musee du Ski , sebuah harta karun kecil namun menarik dari pengetahuan alpine awal abad ke-20. Buka Rabu sampai Minggu, 11 pagi – 6 sore, dan gratis.

“Ini satu derajat,” suami saya mengumumkan keesokan paginya. “Satu!”

Baca Juga :Destinasi Wisata Musim Dingin Di Jepang Yang Menakjubkan

Namun demikian, kami berkendara 20 menit ke barat daya melalui lanskap beku ke Espresso Sports di Sainte-Adele untuk menyewa ski lintas alam. Toko, yang memiliki bistro kecil, terletak di stasiun kereta api tua di sepanjang P’tit Train Du Nord, taman linier sepanjang 125 mil yang membentang di sepanjang sungai dan danau dari Saint-Jerome ke Mont-Laurier. Jejak utara Ste. Agathe adalah untuk mobil salju.

Julia dan suami saya cekikikan ketika saya kembali dari kamar mandi. Suami saya menunjuk dengan matanya ke sebuah tanda di konter peralatan: “Fart du jour.” Tidak ingin menjadi orang Amerika yang jelek, saya dengan tegas berkata, “Berhenti!” tetapi begitu kami berada di luar, Google translate memberi tahu kami bahwa itu berarti: “Lilin Hari Ini.”

Kami kemudian memasang alat ski kami, yang harganya $25 per orang, per hari. Kami meluncur di sepanjang jalan setapak, satu di belakang yang lain, di alur ski yang terawat. Sesekali kami melewati seorang pemain ski yang menyambut kami dengan ucapan “Bonjour!” yang hangat. dan pipi merah ceri. Butuh waktu kurang dari 15 menit untuk pemanasan dan menikmati udara segar dan ketenangan yang diberkati. Kami bermain ski selama lebih dari satu jam, menempuh jarak 8 kilometer pulang pergi. Kami berkeringat ketika kami mengembalikan peralatan kami.

Di taman bermain musim dingin ini, yang dikenal oleh musisi rakyat Kanada Kate dan Anna McGarrigle (almarhum Kate Garrigle adalah ibu Martha dan Rufus Wainwright), Anda dapat memancing ikan es, memanjat es, atau seluncur es.

Pada hari terakhir kami, hari yang sangat dingin, kami mengajak anjing – naik kereta luncur anjing. Setelah pelajaran singkat, Ricky mempersiapkan diri dengan kendali di tangan untuk mengarahkan kereta luncur kami, sementara aku berbaring di kereta luncur, menggigil di bawah selimut, merasa seperti karakter dalam “Northern Exposure.” Julia dan seorang pemandu berdiri siap di kereta luncur di depan kami.

Pemandu berteriak, “En Avant!” dan enam husky yang kuat terbang ke gurun putih musim dingin. Menjadi penumpang memang menyenangkan, tetapi melihat putri saya mengemudikan kereta luncur di depan sungguh menyenangkan. Dari belakang, saya bisa mendengar suami saya sedang berolahraga. Setelah perjalanan 40 menit kami, kami kembali ke gubuk primitif di mana suami saya diberi minuman gula karena dia tampak seperti pernah ke pondok keringat. Perjalanan 40 menit di Martin Le Pecheur di Sainte-Adele dikenakan biaya $100 per orang.

Seperti biasa, perjalanan kami adalah sesuatu yang kami bicarakan selama berbulan-bulan setelah kami kembali. Saat musim ski mendekat, kami sudah merindukan kunjungan lagi ke Saint-Sauveur — bahkan jika merkuri hampir tidak naik di atas 10 derajat.